Sabtu, 05 Februari 2022

Self Healing (Penyembuhan Diri Sendiri) untuk Membangkitkan Motivasi Diri dan Rasa Percaya Diri

Gambar dari klikdoktor.com
K
ehidupan manusia tidak akan pernah lepas dari ujian dan cobaan hidup. Semua akan mengalami cobaan itu sesuai porsinya masing - masing. Demikian juga aku pada tanggal 4 Desember 2018 ujian terbesar dalam hidupku datang. Ya, orang yang aku sayang yaitu istriku di panggil oleh Tuhan. Dia meninggalkan aku dan seorang anak perempuan usia 1 tahun pada waktu itu. 

Rasanya batin ini campur aduk rasa cemas, takut, sedih, kecewa, kurang percaya diri seakan jadi satu. Tidak ada senyum di raut wajahku meski sudah beranjak beberapa hari. Satu - satunya yang membuat aku kuat hanya anak perempuanku yang usia 1 tahun. Senyum di wajahnya membuat aku harus bangkit dari cobaan ini. "Aku tidak boleh larut dalam peraaan ini," tekadku dalam hati.

Mulailah aku mencari tahu bagaimana aku harus bangkit sendiri tanpa aku harus merepotkan orang lain. Lalu aku menemukan sebuah kanal Youtube Meditasi Sederhana Untuk Pemula (Cara Mengatasi Cemas, Overthinking, dan stress).

Aku mengenal istilah Self Healing. Self Healing adalah sebuah proses untuk menyembuhkan luka batin gangguan emosional yang mengganggu stabilitas emosi seseorang. Uniknya Self Healing ini bisa dilakukan sendiri atau bantuan orang profesional.

Dan jika kita ingin menyembuhkan diri sendiri, cobalah beberapa cara self healing berikut ini :

1. Meditasi

Meditasi dapat kita lakukan dalam suasana yang santai dan tenang. Meditasi sederhana dapat kita lakukan dengan duduk bersila dengan rileks sambil mengatur pernafasan. Dapat juga dilakukan dengan berdiri meletakkan kaki di tanah, sambil nafas dalam - dalam , dan keluarkan perlahan selama 10 - 15 menit.

2. Berdamai dengan Keadaan

Ketika kita mengalami peristiwa buruk kita berhak kecewa, marah, dan terluka akan peristiwa tersebut. Namun, kita tidak boleh larut kita harus menerima peristiwa tersebut. Kita berdamai dengan keadaan kita. Dan melalui self healing ini membantu mengolah pikiran, perasaan untuk merubah peraaan tersebut menjadi motivasi dan rasa percaya diri bahwa kehidupan kita ke depan dan hari ini akan lebih baik. 

3. Memaafkan Diri Sendiri

Berdialoglah dengan diri sendiri, dengan cara memaafkan diri sendiri, terkadang tidak semua orang bisa memaafkan diri sendiri yang diakibatkan masa lalu.
Bahkan tidak mudah untuk seseorang bisa melupakan peristiwa masa lalu yang menyakitkan.

Butuh bertahun-tahun untuk menerima dan memaafkan keadaan untuk diri sendiri.
Memaafkan diri sendiri menjadi cara terbaik untuk metode penyembuhan diri sendiri.

4. Berlatih Pernafasan

Lakukan relaksasi sambil berbaring terlentang, tarik napas selama 7 hitungan, lalu buang selama 7 hitungan.
Cobalah untuk bernapas melalui hidung dan dada, kemudian hembuskan melalui hidung.
Anda bisa mengulangi cara ini sekitar 10-15 menit. Berlatih pernapasan bisa menenangkan pikiran dan emosi.

5. Berpikir Positif

Anda bisa melakukan berpikir positif lakukan hobi yang bermanfaat dan menyenangkan.
Manfaatkan waktu luang ketika sendirian untuk melakukan kegiatan positif.
Misalnya membaca buku, berkebun, bersepeda sendirian, atau mendengarkan musik.
Kegiatan positif ini bisa membantu seseorang untuk lebih ‘bahagia dan menyembuhkan’.

Lakukan self healing di tempat yang suasananya nyaman, tenang dan damai. Nikmati waktu sendiri atau me time. Boleh juga di bantu dengan mendengarkan musik intrumental relaksasi dengan tenang. Dengan demikian kita akan terselimuti perasaan yang positif dan menenangkan.

Semoga tips Self Healing ini bermanfaat dan menjadi solusi untuk semua orang. 

Sumber : Youtube

10 komentar:

Terima Kasih Sudah Berkunjung. Semoga hari Anda menyenangkan dan Sukses selalu. Tuhan Memberkati