Rabu, 09 Februari 2022

Bagaimana Menghadapi Perubahan Zaman???

Gambar dari koran-jakarta.com

"
ETERNALS" Salah satu Film karya Marvel setelah Avenger And Game.Dalam Trailernya , kita diingatkan perbuatan Thanos yang memusnahkan setengah populasi di semesta. Namun, dapat dikembalikan oleh para manusia bumi hanya dengan menjentikkan jari. Kembalinya populasi secara tiba - tiba memberikan energi yang diperlukan untuk memulai kemunculan.

Marvel Studio's Eternals menampilkan tim Pahlawan Super baru. Rupanya pahlawan ini sudah tinggal di bumi selama kurang lebih 7000 tahun untuk melindungi Bumi dari Deviants. Pertanyaannya mengapa mereka tidak membantu bumi pada saat diserang Thanos??? Rupaya mereka tidak diijinkan untuk ikut campur dalam konflik manusia kecuali yang berhubungan dengan Deviants.

Berdasarkan Trailer film Eternals tersebut kita semua disadarkan. Kehidupan yang kita jalani ini terus berubah. Perubahan - perubahan yang terjadi mempengaruhi kehidupan kita. Untuk itu kita juga membutuhkan pahlawan baru untuk mengatasi perubahan dunia yang terjadi sekarang ini. Kita membutuhkan terobosan, inovasi, serta sikap yang tepat menghadapi perubahan ini. Seperti para tokoh Enternals yang sudah bersembunyi ribuan tahun tapi tetap bisa mengikuti perkembangan yang ada.Untuk itu kita perlu sikap yang tepat dalam menghadapi perubahan tersebut.

Komunitas Lagerunal yang berisi guru - guru yang suka ngeblog juga berusaha memberikan pandangannya agar kita siap menghadapi perubahan zaman tanpa menghilangkan karakter kita. Simak Ulasannya.


Seperti Sersi. "Menghadapi perubahan zaman kita perlu menyesuaikan diri agar bisa terus berinteraksi dan bersosialisasi serta komunikasi dengan baik. Kita harus bisa memilah mana yang baik dan mana yang buruk agar kita terus bisa menuju ke arah yang baik, kata Ibu Kamila". 

Sersi adalah Pahlawan super dengan kemampuan yang dapat menyesuaikan diri dan memanipulasi materi untuk kemudian diubah menjadi bentuk apapun yang dia inginkan. Sersi juga digambarkan sebagai tokoh yang memiliki keyakinan tinggi.



Seperti Thena. "Saya ikut berpendapat ya, Kata Ibu Mugiarni". " Sebagai seorang guru SD perlu memposisikan diri sebagai teman dan motivator. Guru harus bisa beradaptasi, pada masa sekarang guru perlu menggali lebih dalam terkait tentang siswa baik itu latar belakangnya, hobinya ataupun cita - citanya. Dengan mengenal siswa dengan baik kita bisa memberikan pengajaran yang baik. Yang tidak kalah penting adalah hati - hati dalam bersikap. Mengapa?Karena kita adalah model dan contoh untuk semua orang. Jika kita melakukan kesalahan saat ini bisa diviralkan melalui sosial media. Jadi, kita harus pintar - pintar menempatkan diri dan memberi teladan yang baik. 

Thena memiliki kemampuan untuk menciptakan berbagai macam senjata. Untuk menghadapi lawan yang berbeda. Tahu timing yang tepat menggunakan senjatanya. Karismatik dan disegani.


Seperti Ikaris dan Makkari. " Kita perlu kekuatan Iman dan kebijaksaan, kata Bu Atik". " Dengan iman yang kuat kita tidak mudah terombang - ambing dengan perubahan yang ada. Banyak generasi sekarang yang terbawa arus dan gaya hidup tidak tepat. Iman adalah dasar untuk membentengi diri hingga kita bisa memilah mana yang baik dan mana yang tidak. Ketika kita bisa memilah kita bisa bertindak dengan bijak sehingga kita bisa memanfaatkan untuk hal positif dan sebagai guru kita tetap menanamkan nilai - nilai yang dapat menumbuhkan sikap sopan santun dan karakter bangsa.  

Ikaris memiliki kemampuan mengapung diudara dan mengeluarkan laser dimatanya serta memiliki prinsip yang kuat 
 Makkari adalah pahlawan yang tidak bisa berbicara atau bisu. Namun, dapat berlari dengan cepat, memiliki keyakinan kuat dan percaya kepada temannya. 


Seperti DruigKetika perubahan terjadi banyak manusia sering membanding - bandingkan keadaan yang dulu dengan keadaan yang sekarang. Kita perlu cara pandang dan paradigma yang berbeda. Sehingga kita bisa melihat kebaikan yang ada. " Pak Brian mengatakan apa yang terlihat tidak baik pada jaman dulu malah jadi bagus pada zaman sekarang. Misalnya main game dulu main game dianggap malas belajar sekarang ada cabang olah raga E - Sport. main game malah bisa jadi atlet dan mendapat penghasilan. Contoh lain adalah Jika orang yang di rumah mulu zaman dulu dianggap pengangguran. Kalau zaman sekarang bisa saja memang kerjanya di rumah berbisnis sehingga sukses. 

 Druig kekuatannya memanipulasi pikiran. Sifatnya yang peka membuat dia tidak suka perkelahian. Cara pandang Druig mencintai manusia membuat semua teman - temannya yakin manusia layak diselamatkan.


Seperti Phastos. Tidak mau ketinggalan Ibu Hasanah dan ibu Emidarwati mengatakan, "Menikmati dan Mensyukuri yang terjadi sehingga kita bisa memanfaatkan untuk hal yang berguna. Khususnya dalam teknologi. Teknologi yang ada harus kita manfaatkan degan baik. Dulu mengajar masih menggunakan kapur saat ini mengajar berubah menggunakan zoom dan juga google classrom". 

Phastos dengan kecerdasannya dapat menciptakan dam memanfaatkan teknologi untuk hal yang berguna. Menyayangi keluarga dan memiliki tanggung jawab tinggi.


Seperti Gilgames. Ibu Tini dengan puisinya mencoba menguraikan pendapatnya. Dalam Puisinya di gambarkan. Perubahan yang terjadi memang membuat beliau gundah. Tetapi berkat menerima perubahan itu kemudian terus belajar memanfaatkan peluang yang ada, dan pantang menyerah maka perubahan yang terjadi dapat diatasi. Berikut link untuk melihat Puisi karya Ibu Tini https://ambuguru.blogspot.com/2022/01/yeay-lahiran-video-pertama.html

Gilgames merupakan Eternals terkuat. Memiliki sifat pelindung dan pintar memanfaatkan peluang. Pintar memasak dan pantang menyerah berjuang terutama dalam menyadarkan Thena.


Mari kita ingat "Satu-satunya hal yang pasti terjadi dalam kehidupan di dunia ini adalah perubahan". Kemajuan tidak mungkin dicapai tanpa perubahan, dan mereka yang tidak dapat berubah pikiran tidak dapat mengubah apa pun".(George Bernard Shaw)






12 komentar:

  1. Luar biasa. Ide menulisnya keren. Isi tulisannya daging semua. Two thumbs for you..

    BalasHapus
  2. Luar biasa tulisan Pak sigit... Terimakasih.. bs brkn motivasi pd kami untuk dmngt menulis. Dari pertanyaan Pak sigit mampu mengahak kami untuk bisa keluarkan ide2nya terkait dengan perkembangan dan perubahan zaman. Semoga kita terap mampu berkarya berinovasi dan semangat untuk melaksanakan tugas kita sebagai guru hingga mampu membekali dan membawa anak didik kita untuk bisa beradaptasi dengan perubhan zaman. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminn Bu tetap semangat dan terus belajar untuk menghadapi perubahan zaman

      Hapus
  3. Wahhh keren keren tulisan yg menginspirasi. Dari apapun yg dilihat, diamati, dan dikomunikasikan menjadi tulisan yang bagus dan renyah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Bu mohon dukungannya...salam literasi

      Hapus
  4. Sepakat, perubahan zaman harus kita hadapi dengan tidak menghilangkan kultur sosial dan budaya, berdasarkan falsafah agama yang kita anut. Zaman yang berbudaya dan beragama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bu...semoga kita mampu untuk mewujudkannya

      Hapus
  5. Wih.... keren ulasannya bisa menyambungkan dari pendapat sahabat sahabat Lagerunal dalam menghadapi perubahan zaman dengan kisah yang di ulas film tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Ibu semangat berkarya Bu salam sukses

      Hapus

Terima Kasih Sudah Berkunjung. Semoga hari Anda menyenangkan dan Sukses selalu. Tuhan Memberkati