Jumat, 04 Februari 2022

Ayo Kuliah Dengan KIP - Kuliah, Begini Cara Daftarnya!

M
elanjutkan pendidikan setelah tamat SMA/SMU merupakan dambaan semua orang. Ya, melanjutkan kuliah adalah salah satu jalan agar kita bisa sukses di masa depan. Namun, banyak juga putra - putri terbaik bangsa terkendala biaya untuk melanjutkan kuliah ini. 

Sobat jangan kawatir, sejak tanggal 2 Februari 2022 pendaftaran KIP- kuliah telah dibuka. Pemerintah melalui Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) berupaya membantu pelajar yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

KIP-Kuliah tersebut berlaku untuk jalur seleksi masuk perguruan tinggi SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, SBMPN, Seleksi mandiri PTN dan seleksi mandiri PTS.

Ayo, persiapkan diri kalian dan ikuti alur pendaftarannya sebagai berikut : 
Pastikan dulu kamu mendapat KIP Kuliah atau tidak, maka bisa cek di laman resmi KIP Kuliah. Atau, kamu juga bisa konsultasi dengan guru yang berwenang di sekolahmu. 

Jika kamu berhak dapat KIP Kuliah, maka mulailah untuk mendaftar!

1. Agar bisa dapat KIP Kuliah, maka daftar langsung secara mandiri di laman Sistem KIP Kuliah pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ atau melalui KIP Kuliah mobile apps. 

2. Pada saat pendaftaran, masukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang valid dan aktif. 

3. Kemudian sistem akan melakukan validasi untuk menilai kelayakanmu mendapatkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah. 

4. Jika proses validasi berhasil, kamu akan mendapatkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses di alamat email yang sudah didaftarkan. 

5. Menyelesaikan proses pendaftaran dan memilih jalur seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SMPN/UMPN/Mandiri). 

6. Menyelesaikan proses pendaftaran masuk perguruan tinggi di jalur seleksi yang dipilih. 

7. Nantinya, jika lulus seleksi masuk kuliah, perguruan tinggi yang bersangkutan akan melakukan verifikasi lebih lanjut sebelum mengusulkanmu sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

JADWAL KARTU INDONESIA KULIAH PINTAR




2 komentar:

Terima Kasih Sudah Berkunjung. Semoga hari Anda menyenangkan dan Sukses selalu. Tuhan Memberkati